Tips Menghemat Kuota Internet Android Kamu 80% Lebih Hemat Mau ??

0
87
Halo sahabat tipskeren, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi lagi tips-tips yang keren tentu nya, di jaman yang serba canggih saat ini sangat tidak asing lagi dengan yang nama nya internet sobat.

Hampir semua kebutuhan mulai dari transakasi jual beli, serta mencari ilmu pengetahuan menonton semua kerab melalui jaringan internet, mengakses internet tidak lah semudah yang kita bayangkan akan tetapi agar anda bisa berselancar terus menerus di internet pelu yang nama nya paket internet yang bisa anda depati dengan cara membeli nya, paket internet ini terbilang cukup mahal, dari harga nya yang bervariasi mulai dari nominal puluhan bahkan sampai ratusan, nah jika anda tidak bisa berhemat pasti kantong anda akan jebol, apalagi anda yang hobi menonton youtube paket 2 GB yang harga nya sampai 40 ribu tidak lah seberapa, yang ada uang anda akan habis jika anda tidak bisa berhemat dalam menggunakan internet.

Ada dua pilihan umum untuk mengakses Internet lewat smartphone Android, yaitu memakai data seluler (mobile-data) atau jaringan Wi-Fi. (wifi tentangga ) Jika kamu memilih data seluler, kamu perlu mengirit penggunaan Internet.
Mengapa? Karena jika kamu melakukan pemborosan, kuota kamu akan ludes sebelum masa aktif yang berlaku. Dan kamu terpaksa mengeluarkan biasa lagi dan lagi.
Maka dari itu, kamu perlu melakukan penghematan. Selain mengurangi intensitas pemakaian, ada cara lain menghemat kuota Internet di Android, berikut tips keren yang telah kami sajikan dibawah ini.
1. Kurangi Kualitas Ketika Streaming

Pada zaman sekarang orang-orang lebih suka mendengar lagu langsung menggunakan internet ketimbang mendownload dan mendengar nya berkali-kali tanpa menguras data internet di android
Contoh nyatanya adalah menonton video di YouTube atau streaming film-film di Netflix dan bahkan sampai mendengarkan lagu pun di Spotify.
Padahal seperti yang kamu tahu, dengan melakukan streaming sepanjang waktu kamu dapat menghabiskan kuota internet kamu lebih cepat. 
Nah cara yang tepat itu adalah kurangi kualitas video saat anda menonton Contoh nya YouTube, mereka akan menggunakan kualitas video standar miliknya terkadang 1080p (Full HD) dan juga 720p (HD), padahal kamu bisa mendapatkan gambar yang lumayan jernih hanya dengan menontonnya di 480p (SD). 
Jika kamu menonton video di YouTube, cara menguranginya adalah dengan memijat ikon gerigi > Kualitas > dan pilih 240p ke bawah.
Cara lain adalah anda bisa manfaat kan wifi gratis tentangga, atau anda bisa  Simpan video atau audio yang sering diputar dengan cara mendownload nya, setelah itu anda bisa nonton tanpa data berulang kali. 
Alternatif lain adalah dengan menggunakan Aplikasi.  Jika ingin lebih berhemat lagi, kamu bisa gunakan aplikasi data saver seperti Opera Max. Aplikasi tersebut akan menghemat kuota internet kamu sekitar 40-50% dikarenakan sebelum menonton atau mendengarkan konten data yang ada pada ponsel kamu akan dialihkan ke server milik Opera dan nantinya data tersebut akan dioptimalkan sedemikian mungkin agar lebih hemat.
2. Nyalakan Fitur “Data Saver” di Chrome
Bagi anda pengguna Google Chrome, anda dapat menyalakan fitur “data saver” guna menghemat pengeluaran data. Dengan menyalakan fitur ini, ukuran halaman akan 50 persen lebih ringan. Akses halaman yang ringan berbanding lurus dengan efisiensi kuota Internet kamu.
Untuk mengaktifkan Data Saver di Android, pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka browser Chrome dan tekan tombol berbentuk tiga titik vertikal di kanan atas layar. Selanjutnya, tekan Settings dan pilih Data Saver di bawah Advanced. Kemudian ganti posisi toggle menjadi On.
3. Tukar Aplikasi Facebook for Android dengan Facebook Lite.

Sudah tidak heran lagi kalau aplikasi yang satu ini cekup banyak memakan data, sebab facebook mengirim notifikasi secara berkali baik dalam keaadaan off pun masih masuk pemberitahuan, jangan kawatir facebook telah meluncurkan facebook lite yang dapat membantu anda untuk menggurangi pemakaian data, facebook lite tentu nya mempunyai kekurangan akan tetapi informasi nya akan sama
4. Matikan Fitur Pembaruan Otomatis di Play Store

Jangan salah Pembaruan otomatis (auto-update) merupakan salah satu fitur Google Play Store. Secara standar, Android mengaktifkan fitur tersebut sehingga ketika ada versi terbaru dari game atau aplikasi yang terinstal, sistem bakal memperbaruinya dengan otomatis. nah bisa ludes paket anda jika fitur ini anda aktifkan 
Oleh sebab itu, ada baiknya aktivitas ini dilakukan ketika terhubung jaringan Wi-Fi saja.
buka App Store > Settings > Auto-update apps > centang opsi Auto-update apps over Wi-Fi only.
5. Batasi Penggunaan Data

Yang efektif dalam menghemat kuata lain nya adalah dengan membatasi pengeluaran data, kamu akan diberi peringatan pertama jika kuota Internet telah terpakai melewati batas sekuel 1, namun akses Internet masih dapat digunakan. Peringatan kedua akan muncul ketika melewati sekuel 2, dan sistem bakal secara otomatis memblokir akses Internet.

6. Nonaktifkan Sinkronisasi yang Tidak Perlu

Tanpa kita sadari, aplikasi-aplikasi yang mendukung sinkronisasi otomatis bisa jadi dalang kuota Internet kamu yang gampang habis. Oleh karena itu, kamu perlu mematikannya demi efisiensi kuota Internet kamu, mengingat tidak semua aplikasi digunakan dalam keseharian kita.
Hanya itu yang dapat kami berikan semoga bermanfaat untuk kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here