Cara Ampuh dan Efektif Mengatasi Kecanduang Gadget Terhadap Anak

0
100
Kecanduang gadget merupakan hal yang sangat berbahaya yang perlu kita hindari, masalah kecanduang gadget sangat jangan lah anda sepelekan apalagi anak anda ternodai oleh virus ini. karena kecanduang bermain gadget bisa berdampak buruk terhadap anak-anak karena kecanduang gadget dapat merusak kesehatan mereka, baik fisik maupun mental. Bahkan ada yang sampai gila tidak dapat memegang benda itu bak sebentar saja.
Kita semua tau pada gadget kita dapat melakukan apa saja, mulai dari bermain game, menonton, membaca buku, chatingan, dan sebagainya dan telah dirangkum kedalam sebuah benda (handphone) sehingga kita terlupakan dengan dunia nyata, walaupun ada bentuk positif nya akan tetapi kalau sudah kecanduan dampak positif tersebut berubah menjadi hal yang negatif sehingga akan berdapak buruk kepada kita.
Banyak orang tua sekarang menjadikan alternatif kepada anak nya yang sangat bandel atau rewel, orang tua kerap sekali memberikan gadget kepada anak nya, tentu ini bukan lah cara yang baik untuk mebujuk anak sepuya tidak rewel lagi. Bayang kan sejak dari masih kecil diberikan gadget sampai dewa lama kelamaan pasti efek nya akan membahayakan.
Saya punya tetangga suami istri yang keseharian nya berjualan toko, karena kesibukan mereka berdua landa anak nya yang berumur 3 tahun tidak terurus sehingga kedua orang tua nya memberikan android kepada anak tersebut dengan menyuguhkan film kartun Ipin&Upin berbulan-bulan, sehingga sang anak tadi kecanduan, bahkan sangkin kecanduan anak tersubuk sudah berubah bahasa malaysia dan sekarang siapa yang rugi ??

Mengatasi diri dari kecanduan gadget berarti menyelamatkan kualitas hidup kita dan anak di masa depan. Maka meski sulit, Anda harus sabar dalam menghadapainya.

1. Batasi waktu bermain gadget


Langkah awal yang sangat efektif adalah kurangi bermain gadget untuk anda anda.
anak yang di bawah umur dibawah 2 tahun sangat tidak dianjurkan untuk menggukan gadget atau mengakses gadget sendirian, tentu harus ada control orang tua.
Beri waktu untuk anak untuk meng akses gadget misal nya 30 menit atau 1 jam saja untuk umur 2 – 4 tahun dan 2 jam untuk yang berusia 5 tahun
2. Bersikap tegas dan disiplin
Cobalah disiplin dan tegas dalam mengatur penggunaan gadget pada anak Anda karena bila dibiarkan, kecanduannya pasti akan semakin parah. Anda tidak usah khawatir terhadap anak yang revel jika tidak diberikan gadget, ajak anak dengan suasana baru, jalan-jalan atau bermain ketaman.

3. Memperbanyak aktivitas anak di

Banyak aktivitas yang bergam bisa anda berikan kepada anak ini juga penting.  beri anak kegiatan setiap hari baik itu di lingkungan rumah ataupun di lingkungan luar rumah yang bisa membuat anak lupa kepada gadget.
Anda bisa mengajak anak berolahraga, menjalankan suatu jenis hobi, berjalan-jalan, ataupun menyertakan anak dalam beberapa kursus yang bermanfaat.
4. Membatasi Penggunaan Internet
Untuk anak anda yang kecanduan mengakses internet seperti video di youtube dan bermain game anda bisa membatasi pemakaian internet di android anda. Ini sangat efektif diterapkan.
5. Ajak bermain dengan teman-teman nya
Anda juga harus banyak mengajak anak anda bergaul dengan teman sebaya di sekitar lingkungan rumah atau di lingkungan sekolah nya.
Anda bisa mengajak teman-teman anak Anda bermain di rumah atau Anda menemani anak bermain di luar dengan teman sebayanya.
6. Memberi anak penghargaan

Misal setiap hari yang anak lewati tanpa menyentuh gadget. Anda bisa memberikan nya hadiah kecil kepada anak anda, dengan cara ini anak anda juga akan termotivasi untuk meninggalkan gadget, jangan lupa juga bimbingan setiap hari nya.
7. Luangkan Banyak waktu Untuk Anak

Ikatan batin yang kuat sangat diperlukan dalam mendidik anak, ikatan batin tidak akan dapat jika waktu anda dengan anak tidak begitu banyak. Untuk mengatasi kecanduan gadget anda juga dapat meluangkan waktu banyak kepada anak anda.
Itulah beberapa cara mengatasi kecanduan gadget yang bisa dicoba di rumah. Semoga tulisan ini bermanfaatkan dan mencerahkan untuk kita semua.. jangan lupa  share ke teman-teman ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here